Minggu, 23 Mei 2010

Tip Sederhana Atasi Sulit Tidur

1. Begitu terasa sudah mengantuk, segeralah naik ke tempat tidur. Bila anda sudah berbaring selama 15 menit sampai 30 menit namun tak kunjung dapat tidur, jangan diam saja di tempat tidur. Lebih baik bangun lalu lakukan sesuatu yang dapat membuat kita lebih relaks. Entah itu membaca atau mungkin beres-beres kamar. Sedikit aktivitas ringan akan membuat anda mengantuk dan tidur nyenyak.
2. Tempat tidur hanya untuk tidur. Jangan membaca, menonton TV atau terutama bekerja, seperti mengetik dan menulis di tempat tidur. Juga tidak meletakkan benda-benda hobi di tempat tidur. Kebiasaan-kebiasaan itu dapat memengaruhi waktu tidur anda, memberi dorongan semangat bukan tidur mengistirahatkan diri.
3. Pasanglah weker pada pukul yang sama setiap harinya. Dengan demikian anda harus bangun pada puluk yang sama di pagi harinya meski mungkin jumlah jam tidurnya tidak sama. Misalnya anda tidur pukul 9 malam atau pukul 11, tetap akan sama terbangun sesuai setelan wekernya.
4. Lakukan ritual tidur. Ritual tidur ini akan menyiapkan badan untuk beristirahat dan tidur. Ritual ini bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Misalnya ada yang dengan membersihkan muka, sikat gigi atau berdoa, ada pula yang terlebih dahulu melakukan relaksasi.
5. Makanan tertentu juga dapat membantu. Makanlah makanan yang sehat dan banyak makan buah-buahan, hindari minuman berkafein dan bersoda, serta rokok dan kopi. Bila tidak juga bisa tidur, cobalah makan atau minum susu. Perut kenyang juga dapat membantu mempermudah tidur.
6. Olahraha teratur. Usahakan bisa berolahraga, entah waktunya pagi hari, atau sore, atau hanya seminggu sekali. Yang penting teratur dan rutin, juga dapat membantu anda tidur lebih baik di malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar