Minggu, 23 Mei 2010

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di lereng gunung ungaran, tepatnya di desa candi, kecamatan ambarawa, kabupaten semarang, jawa tengah. Dari kota semarang sekitar satu jam waktu yang ditempuh menuju objek wisata tersebut.
Gedong Songo merupakan kelompok candi hindu. Ini dapat dilihat dari arca berelief yang menempati relung-relung candi seperti arca cisinahadewa, siwamahaguru, ganesha, durgamahi sasuramardirini, nandisuwara, mahakala dan yoni yang berada pada bilik candi. Arca gajah dalam posisi jongkok di kaki gedong songo 3 dan yoni dalam bentuk persegi panjang pada bilik candi gedong songo 1 merupakan keunikan dari situs candi tersebut.
Dinamakan gedong songo, karena memang ada Sembilan candi di areal tersebut. Dalam bahasa jawa, gedong berarti bangunan dan songo berarti Sembilan. Konon, bangunan candi ke Sembilan melambangkan perjalanan akhir manusia dalam mencapai kesempurnaannya.
Pembangunan candi tersebut diperkirakan sezaman dengan pendirian candi dieng di abad 7-9 M, yakni di zaman kerajaan kalingga yang saat itu diperintah oleh seseorang ratu bergelar ratu shima.
Candi ini dibangun berpencar dan tersusun di atas bukit. Bangunan candi pertama menempati lokasi paling bawah, kemudian berurutan naik dengan jarak bervariasi antara candi pertama, kedua dan seterusnya.
Untuk melihat masing-masing candi, pengunjung dapat menyusuri jalan setapak dengan kontur menanjak dan menurun. Kalau tak mau berjalan kaki ada jasa penyewaan kuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar