Minggu, 23 Mei 2010

Percaya Diri tanpa Ketombe

Sebagai wanita tentunya ingin memiliki rambut sehat, indah dan bebas dari ketombe. Di antara masalah rambut, ketombe memang menjadi problem yang sangat menyebalkan. Sudahlah membuat kulit kepala rasanya gatal, rambut tak indah dipandang. Pasti pada akhirnya hanya mengusik penampilan dan rasa percaya diri.
Dalam literaturnya, pakar kesehatan mengungkap tentang fenomena ketombe. Kelainan kulit yang popular dengan sebutan ketombe timbul karena banyak factor. Diantaranya, kulit terlalu lembab atau berminyak sehingga kulit jadi meradang. Itu sebabnya ketombe kerap digolongkan ke dalam kelompok penyakit radang kulit atau dermatitis.
Faktor pemicu lainnya adalah stress yang meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala sampai 10 persen. Kemudian kurangnya asupan gizi, atau justru terlalu banyak asupan makanan berlemak dan berimbas pada tubuh dan kulit kepala. Ketombe juga bisa terjadi akibat kebersihan kulit kepala tidak terjaga, penggunaan kosmetik rambut tidak tepat, mikroorganisme maupun factor hormonal.
Ketombe memang tak seberbahaya kanker kulit, tapi gangguan ini dampaknya bisa buruk terhadap rasa percaya diri. Terlebih jika ketombe membandel dan sulit diatasi. Itu sebabnya bila tak diatasi secara tuntas, ketombe bisa kambuh dan kambuh kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar