Minggu, 23 Mei 2010

Candi Prambanan

Candi Prambanan yang di kenal pula dengan sebutan candi rara jonggrang adalah salah satu candi hindu terkenal di Indonesia. Candi ini terletak di desa prambanan berada di antara kabupaten sleman dan klaten, jawa tengah. Menurut sejarah, candi tersebut dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh salah satu dari dua orang bernama, rakai pikatan, raja kedua wangsa mataram I dan balitung maha sambu, semasa wangsa sanjaya.
Objek wisata sejarah ini juga mempunyai mitos larangan memadu kasih di sekitar areal candi. Mitos tersebut berkembang karena adanya legenda cinta tragis antara bandung bandawa dengan rara jonggrang. Dalam cerita rakyat, rara jonggrang dikenal sebagai putrid cantik jelita, anak prabu ratu baka. Ayahnya bertahta di keratin yang berada di atas gunung boko.
Dikisahkan dalam cerita tersebut, seorang ksatria gagah perkasa, bandung bandawasa yang mempunyai kekuatan supranatural ingin mempersunting putri rara. Tapi sang putrid tidak menaruh hati kepadanya. Untuk menolak permintaannya secara halus, ia mengajukan syarat sangat berat yaitu meminta sang ksatria membuat seribu candi dengan arca di dalamnya hanya dalam waktu satu malam. Bila syaratnya tak mampu diwujudkan, maka pernikahan pun di batalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar