Minggu, 16 Mei 2010

Kiat Agar Anak Gemar Bersedekah

1. Lewat contoh nyata dari orang tua

Keteladanan orang tua merupakan metode yang sangat baik dalam pendidikan. Pada tahun-tahun pertama pertumbuhan, objek peniruan anak pada umumnya masih berkisar pada orang-orang disekitar rumah, biasanya ayah atau ibu. Anak meniru tidak saja gerak tubuh, rasa senang, dan tidak senang, sikap orang tua, hobi, tetapi juga ekspresi emosional orang tua. Dalam kenyataannya, kemampuan anak dalam meniru sesuatu lebih cepat dari pada yang kita bayangkan. Untuk itu berikanlah contoh-contoh yang baik.
Sejalan dengan perkembangannya, diharapkan peniruan ini akan menjadi sebuah kemampuan dan kebiasaan yang melekat pada anak. Komitmen yang kuat dalam membantu penderitaan orang lain.
2. Terjun Langsung

Bila terkurung dalam rumah megah lengkap dengan segala fasilitasnya, anak-anak tidak akan pernah merasakan bagaimana kesusahan hidup anak-anak yang kurang beruntung. Untuk itu, ajaklah anak anda berjalan-jalan ke panti asuhan, ke kolong jembatan, atau berkeliling ke kampong-kampung padat.
Dengan begitu, mereka akan melihat adanya sisi lain dalam kehidupannya. Mengajak anak langsung ke tempat-tempat seperti itu, anak akan memperoleh pemahaman bahwa diluar sana terdapat begitu banyak anak yang tidak seberuntung dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar