Selasa, 04 Januari 2011

ZAT NUTRISI UNTUK KEREMAJAAN KULIT

Tidak bisa dipungkiri, bumi kita tengah menderita akibat global warming. Perubahan cuaca yang ekstrem membawa dampak buruk bagi kecantikan, utamanya keindahan kulit. Bila tidak hati-hati, teriknya sinar matahari bisa menyebabkan kulit kering dan kusam.
Berikut adalah zat-zat nutrisi yang mempunyai manfaat untuk keremajaan kulit:
- Vitamin C untuk meningkatkan fungsi kolagen, sejenis protein di dalam kulit, tulang, pembuluh daerah dan ligament. Kehilangan kolagen mengakibatkan kulit kendur dan berkerut. Cara mudah mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan berwarna.
- Vitamin E merupakan senyawa antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan polusi lingkungan.
- Zinc adalah mineral esensial yang bermanfaat untuk meningkatkan proses reproduksi sel, pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk kulit.
- Selain vitamin, beberapa makanan terbukti mampu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Misalnya, susu yang dapat mengikis sel kulit mati, menghaluskan dan membuat kenyal. Kacang, terutama walnut dan ikan mengandung asam lemak omega 3 yang efektif membentuk lapisan lipid kulit. Ini untuk mempertahankan kelembapan.
- Jangan lupa, minum air putih banyak setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar