Selasa, 21 Desember 2010

10 CARA MENGHEMAT PENGELUARAN ANDA

1. Sarapan
Makan dengan menu yang sehat pada pagi hari akan mengurangi keinginan anda mengemil atau makan besar pada tengah hari. Jadi, jangan keluar rumah sebelum sarapan.
2. Minum lebih banyak air putih
Minum 2,5 liter (6-8 gelas) air putih tiap hari tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga menguntungkan secara financial. Anda merasa kenyang, tanpa harus ngemil.
3. Menulis daftar sebelum pergi berbelanja
Ke supermarket, buatlah dulu daftar barang yang harus anda beli. Pastikan barang itu betul-betul dibutuhkan. Letakkan catatan itu di tempat yang mudah dijangkau, di saku atau kantung luar tas. Jangan masukkan benda apapun ke dalam trolley bila benda itu tidak ada dalam daftar.
4. Matikan lampu sebelum pergi
Coba hitung berapa banyak anda bisa menghemat listrik setiap menit. Apalagi jika ada pergi hingga berjam-jam.
5. Matikan televisi
Ada banyak manfaat yang didapat dengan mengurangi kegiatan menonton televisi, antara lain mengurangi godaan iklan-iklan, lebih banyak waktu untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat, mengurangipenggunaan listrik dan lain sebagainya.
6. Membeli peralatan elektronik yang bermutu
Meski agak mahal disbanding barang murah tapi kualitasnya buruk. Barang mahal biasanya hemat listrik dan lebih tahan lama. Barang murah hanya membuat anda lebih banyak mengeluarkan uang untuk listrik dan perbaikannya.
7. Membandingkan harga
Ada cara sederhana menemukan took termurah. Cukup dengan membandingkan dua puluh atau lebih item yang paling sering anda beli di berbagai toko . Pasti anda akhirnya akan menemukan toko dengan harga termurah.
8. Coba merk toko
Cobalah beli produk sejenis yang dikeluarkan toko tempat anda berbelanja, seperti tisu, diterjen dan lain-lain. Banyak juga yang kualitasnya tidak kalah dibanding merk terkena, padahal harganya lebih murah.
9. Jangan pergi ke toko, mal atau pusat perbelanjaan untuk sekedar hiburan
Kegiatan itu hanya mendorong anda membelanjakan uang untuk hal yang tidak benar-benar dibutuhkan. Lebih baik menghabiskan waktu di taman, membaca buku di perpustakaan atau istirahat santai di rumah.
10. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi zat adiktif lainnya
Merokok selain berbahaya bagi keseatan juga membuat uang anda terbakar sia-sia. Memang perlu motivasi dan kemauan keras untuk menghentikan kebiasaan ini. Salah satu motivasi yang bisa digunakan adalah berhemat agar bisa membeli barang-barang berguna yang sangat anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar